Cara Mengatasi Mesin Absensi Rusak

Cara Mengatasi Mesin Absensi Rusak Dengan Mudah

Cara Mengatasi Mesin Absensi Rusak – Mesin absensi merupakan salah satu perangkat penting di perusahaan atau instansi. Mesin ini berfungsi untuk mencatat kehadiran karyawan, sehingga dapat menjadi dasar perhitungan gaji dan tunjangan. Namun, seperti perangkat elektronik lainnya, mesin absensi juga dapat mengalami kerusakan.

Baca Juga: SERVICE MESIN ABSENSI MURAH DI JAKARTA

Kerusakan mesin absensi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor usia, kesalahan penggunaan, atau faktor lingkungan. Jika mesin absensi mengalami kerusakan, maka dapat mengganggu proses pencatatan kehadiran karyawan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi mesin absensi rusak.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mesin absensi rusak:

1. Pastikan sumber daya listrik terpasang dengan benar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa sumber daya listrik terpasang dengan benar. Pastikan kabel listrik terpasang dengan kuat dan tidak ada kerusakan. Jika kabel listrik rusak, maka dapat menyebabkan mesin absensi tidak menyala.

2.Periksa lampu indikator

Setelah memastikan sumber daya listrik terpasang dengan benar, selanjutnya adalah memeriksa lampu indikator. Jika lampu indikator tidak menyala, maka dapat menunjukkan bahwa ada masalah dengan mesin absensi. Periksa lampu indikator satu per satu untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

3.Periksa kondisi fisik mesin absensi

Perhatikan kondisi fisik mesin absensi. Jika terdapat kerusakan fisik, seperti retak atau pecah, maka dapat menyebabkan mesin absensi tidak berfungsi dengan baik. Periksa juga bagian-bagian mesin absensi, seperti sensor sidik jari, layar sentuh, dan tombol.

4. Hapus data transaksi absensi

Jika mesin absensi tidak dapat membaca sidik jari karyawan , maka dapat disebabkan oleh data transaksi absensi yang korup. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus data transaksi absensi. Caranya adalah dengan masuk ke menu admin mesin absensi dan menghapus data transaksi absensi.

5. Reset mesin absensi

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba melakukan reset mesin absensi. Caranya adalah dengan menekan tombol reset yang biasanya terletak di bagian belakang mesin absensi. Setelah melakukan reset, mesin absensi akan kembali ke pengaturan awal.

6. Lakukan kalibrasi mesin absensi

Jika mesin absensi tidak dapat membaca sidik jari karyawan dengan baik, maka dapat disebabkan oleh sensor sidik jari yang tidak terkalibrasi dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan kalibrasi sensor sidik jari. Caranya adalah dengan masuk ke menu admin mesin absensi dan melakukan kalibrasi sensor sidik jari.

7. Pelayanan mesin absensi

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, maka Anda dapat membawa mesin absensi ke tempat servis. Teknisi servis akan memeriksa mesin absensi dan mencari tahu penyebab kerusakannya. Teknisi servis juga akan memperbaiki mesin absensi sesuai dengan kerusakan yang ditemukan.

Baca Juga: PERBAIKAN MESIN ABSENSI TERMURAH DAN BERGARANSI

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah mesin absensi rusak:

 

  • Gunakan mesin absensi sesuai dengan petunjuk pengoperasian
  • Lakukan perawatan mesin absensi secara rutin
  • Hindari menggunakan mesin absensi di tempat yang lembap atau berdebu
  • Lindungi mesin absensi dari benturan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka Anda dapat memperpanjang usia dan mencegah mesin absensi rusak. Jika sudah mengikutin hal di atas tetapi masih rusak, kamu bisa langsung menghubungi teknisi JasaScan untuk tingkat perbaikan lebih lanjut, dan pastikan harga terjangkau ya 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *